Jumat, 08 Juli 2011

UAS IMK STMIK WUP 2011

UJIAN AKHIR SEMESTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (HCI)
PROGDI : S1 Teknik Informatika
STMIK WIDYA UTAMA PURWOKERTO


Nama   : LUKMAN HAKIM
NIM    : SIA 201043
  1. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penempatan Tata Letak Menu sebuah Interface :
    • Judul :
      • Menu tunggal : judul yang deskriptif.
      • Menu tree: nama pilihan harus sama dengan judul halaman yang dipanggil
    • Penamaan menu
      • Gunakan peristilahan yang dikenal dan konsisten.
      • Pastikan item dapat dibedakan dari pilihan lain.
      • Gunakan pemilihan kata yang konsisten dan singkat.
      • Tempatkan kata kunci di kiri.
    • Pemilihan jenis menu
      • Menu dengan typeahead. Penting jika menu sudah sering digunakan sementara waktu respons atau kecepatan tampil lambat. Pendekatan BLT (Bacon, Lettuce, Tomato Sandwich): pembentukan mnemonik dari penggabungan huruf-huruf pilihan menu.
      • Nama menu atau bookmarks. Penamaan sederhana memudahkan pemakai mengakses menu secara langsung.
        Web browser menyediakan bookmarks atau favorites sebagai jalan pintas bagi pemakai untuk menuju situs yang pernah dikunjungi.
      • Menu macros. Perintah yang sering digunakan dapat direkam dan disimpan sebagai makro.
        Pada beberapa software, makro dapat ditempatkan di toolbar sebagai ikon.
    • Tata letak dan desain grafis
      • Perhatikan kendala seperti lebar dan tinggi layar, kecepatan tampil, character set, dan highlighting.
      • Buat pedoman/panduan untuk komponen-komponen: judul, penempatan item, petunjuk, pesan kesalahan, dan laporan status
    • Mengelompokkan item yang serupa
    • Menggunakan peristilahan yang sudah familier
    • Memberikan tampilan yang bagus
    • Menempatkan sesuai kebiasaan yang sering digunakan user
    • Membedakan item yang satu dengan yang lainnya
    • Membuat panduan/pertolongan
  2. Keunggulan beberapa jenis interface
    • GUI (Graphic User Interface) :
      • GUI akan lebih bermanfaat ketika digunakan untuk aplikasi yang bersifat visual. Contoh : graphic package software (Adobe Photoshop), painting package  software(MS Paint, MacPaint), drawing package software (Corel Draw, MS Visio).
      • Graphical symbols lebih mudah dikenali dan diingat daripada teks
      • Direct manipulation, misalnya dengan menunjuk dan mengklik pada objek grafis dengan mouse, akan memberikan efisiensi waktu.
      • Mudah dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim.
      • Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi.
      • Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan
      • Tampilan di layar menarik
      • Komunikasi yg terjadi antara pemakai dengan   komputer dapat dilakukan dengan cepat
      • Dapat melakukan komunikasi antara satu program aplikasi dengan program aplikasi yang lain
      • Mudah mempelajarinya/user friendly
      • Program aplikasi lebih berdaya guna (powerful)
      • Dapat mengakses memori perluasan.
    • CLI (Command Line Interface) :
      • Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command.
      • Bisa diterapkan pada terminal yang murah.
      • Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama file.
      • Tidak membutuhkan memory yang besar
      • Dapat melakukan proses atau pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh interface berbasis GUI.
      • Dapat mengembalikan kejadian aplikasi yang error
      • Pengguna cukup memberikan perintah pada layar berbasis teks sederhana yang ditandai dengan kursor yang berkedip.
    • VUI (Voice User Interface)
      • Tingkat keamanan cukup tinggi
      • Mempermudah bagi yang memiliki masalah dengan penglihatan
      • Dapat menerima bahasa dari berbagai negara
  3. Desain interface pengenalan alat tranportasi untuk anak usia dini
    • Memberikan tampilan yang bagus dan menarik
    • Pemilihan warna yang sesuai
    • Memberikan icon berupa gambar untuk tempat alat tranportasi digunakan seperti gambar air, daratan dan langit
    • Mengelompokan semua jenis tranportasi baik darat laut dan udara
    • Memunculkan gambar alat tranportasi
    • Menunjukkan nama dan pengemudi alat tranportasi dengan tulisan dan audio
    • Menunjukkan tempat untuk persinggahan alat tranportasi dengan tulisan dan audio
    • Menunjukkan bahan bakar yang digunakan
    • Menunjukkan jalur/jalan yang digunakan
  4. Kajian Interaksi Manusia dan Komputer (HCI)
    Hal-Hal Yang Mendasari Adanya IMK
    Yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan komputer yaitu  menggunakan sejumlah menu maupun teks atau juga bisa menggunakan alat bantu masukan(input),yang berupa mouse ataupun keyboard.dan juga memerlukan alat bantu keluaran(output unit),yang dimana data-data tersebut dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut memori unit.
    Prinsip kerja komputer = input – proses – output. Kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.
    Tanpa disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse. Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).
    Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran. Manusia jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia barumenyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif. Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.
    Model atau jenis interaksi, antara lain :
    • Command line interface (perintah baris tunggal) contoh : unix, linux, dos
    • Menu (menu datar dan menu tarik) contoh : hampir semua software menggunakan menu
    • Natural language (bahasa alami) contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
    • Question/answer and query dialoguecontoh : mysql, dbase interaktif, dll
    • Form-fills and spreadsheets contoh : excel, lotus, dan lain-lain
    • WIMP (Windows Icon Menu Pointer) contoh: button, dialogue boxes, pallettes, dan lain-lain
    Definisi IMK
    Interaksi Manusia dan Komputer (HCI) adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
    • Pengertian Interaksi : komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem komputer. Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
    • Definisi interaksi manusia dan komputer : sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
    • Prinsip kerja komputer : input - proses - output. Kepada komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.
    Jadi secara garis besar Interaksi Manusia dan Komputer (HCI) itu adalah sebuah interaksi antara manusia(user) dengan omputer yang menggunakan beberapa dan berbagai macam aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan yang sedang dilakukan oleh manusia.contoh pekerjaan yang sering digunakan oleh manusia yang dikerjakan oleh komputer adalah membuat suatu pekerjaan menulis ataupun pekerjaan kantor.

    Mengapa Kita Butuh IMK ?
    Kita butuh IMK adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan serta bisa membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan. Dan untuk mahasiswa IT, kita bisa membuat aplikasi ataupun program dengan cepat dikarenakan kita memakai aplikasi yang memiliki interaksi yang mudah dipakai dan dimengerti.

    Penutup
    Interaksi Manusia dan Komputer atau istilah lain Human Computer Interaction (HCI) lahir karena adanya kebutuhan manusia untuk dapat berinteraksi dengan komputer secara mudah, efektif dan menyenangkan. Prinsip kerja komputer yang terdiri dari INPUT-PROSES-OUTPUT menjadi dasar untuk mendesain sebuah interface yang menarik, komunikatif  dan inovatif.
    Dalam membangun sebuah desain interface terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan :
    • Keterkaitan ilmu-ilmu yang berhubungan dengan IMK seperti komputer, teknik elektronika, psikologi, antropologi, ergonomi, sosiologi dan linguistik.
    • Jenis interface yang dibangun : Graphic User Interface (GUI), Command Line Interface (CLI) atau Voice User Interface (VUI)
    • Prinsip desain interface : User Frienldy & Compability, Product & Task Compatibility, Consistency, Familiarity, Simplicity, Direct Manipulation, WYSISWYG, EoL EoU.
    • User (Pengguna) : Punya keterbatasan indera atau sempurna.
    • Variasi menu : tree, pull down, drop down, alphasliders, embedded links atau pop-up menu.
    Manfaat dan tujuan yang bisa diperoleh dari IMK/HCI untuk mahasiswa IT yaitu : bisa membuat aplikasi ataupun program dengan cepat dikarenakan kita memakai aplikasi yang memiliki interaksi yang mudah dipakai, dimengerti, menarik, komunikatif dan inovatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lukman Alfasiry © 2008. Design by :vio Templates Sponsored by: gold bola